Header kanan

Tes tes tes tes

April 26, 2018
0
Bagi masyarakat Aceh dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan pohon satu ini. Temurui [Murraya Koenigii] atau dalam bahasa bule disebut Curry Leaves. Daunnya dimanfaatkan sebagai penyedap masakan kari. Karena itulah disebut juga tanaman daun kari atau salam Koja.
Pohon salam Koja di pekarangan
Pohon salam Koja di pekarangan
Temurui memiliki tinggi 4-6 meter, dengan diameter batang maksimal sekitar 40 cm. Daunnya berbentuk menyirip seperti daun belimbing hanya saja berukuran lebih kecil dan berwarna hijau tua mengkilap, dengan 11 hingga 12 anak daun. Panjang anak daun sekitar 2-4 cm dan lebarnya 1-2 cm.

Daun salam koja mengeluarkan aroma khas. Bunganya berwarna putih yang menghasilkan buah seperti berry berwarna hitam mengkilap berukuran kecil dengan biji tunggal berukuran besar. Pulp buah berry salam koja dapat dimakan dan memiliki rasa manis dan dapat dijadikan obat.

Selain sebagai penyedap masakan, daun salam koja dan juga kulit batangnya memiliki khasiat bagi kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit. Silakan baca: Manfaat Tanaman Salam Koja.

Beberapa kali dapet curhat dari orang Aceh yang merantau tentang sulitnya dapet daun  maupun bibit salam koja. Sekarang ngga lagi karena sudah tersedia di Tokopedia.