DEN SHOIM

CATATAN HARIAN | BONSAI | TANAMAN HIAS | TANAMAN HERBAL | BIBIT | URBAN FARMING

Januari 16, 2019
0
Banyak pemula seperti saya masih galau mencoba stek batang pohon serut untuk bahan bonsai. Kebanyakan kendalanya batang serut kering atau malah busuk. Soal berusaha tetap dilakukan, meski gagal berkali-kali. Kadang sudah tumbuh ranting-ranting baru, lupa nyiram akhirnya kering dan mati. Tapi yang paling sering adalah batang membusuk ditandai dengan kulit yang mengelupas. Penyebabnya yang paling sering adalah terlalu rajin menyiram ataupun mengotak-atik stek sampai goyah.

Daun pohon serut di alam
Daun pohon serut di alam
Nah, kali ini saya rangkumkan berdasarkan pengalaman teman-teman group Belajar Bonsai bagaimana cara stek serut agar kemungkinan besar bisa berhasil hidup.
1. Pruning semua daun dan ranting yang tidak dibutuhkan. Tujuannya untuk mengurangi penguapan. Percuma juga mempertahankan daun karena akan mengering dan rontok.
2. Cuci batang SERUT dengan air bersih. Sikat agar lumut dan kotoran yang menempel di batang hilang, pori-pori batangnya terbuka.
3. Rendam batang di air yg sudah dicampur dengan tumbukan bawang merah secukupnya selama 2 jam atau lebih. Fungsi bawang merah di sini sebagai zpt (zat pengatur tumbuh) untuk merangsang pertumbuhan akar.
4. Tanam batang SERUT pada media tanam. Siram sampai tempat terisi sempurna oleh media. Anda dapat menggunakan campuran antara tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang. Atau bisa juga hanya menggunakan media pasir tanpa campuran. Sebetulnya bisa saja menggunakan media lain, utamanya bersifat porous dan bisa menjaga posisi batang agar tidak goyah.
5. Tunggu sampai air tidak menetes kemudian sungkup batang seluruhnya termasuk pot/polybag menggunakan plastik dan letakkan di tempat teduh.
Hal ini berfungsi untuk menjaga kelembaban sehingga batang SERUT tidak cepat kering jadi tunas lebih cepat bisa tumbuh. Gunakan plastik bening agar anda mudah memantau perkembangannya.
6. Tunggu seminggu-sebulan.akan tumbuh bintik-bintik putih seperti jamur pada batang serut. Biarkan saja karena di bintik itulah akan tumbuh bakalan tunas daun.
Benjolan pada batang serut tanda calon akar
Benjolan pada batang serut tanda calon akar
7. Setelah tunas tumbuh dan berkembang menjadi daun, lubangi sungkup cukup satu hari satu lubang agar tunas bisa belajar beradaptasi dengan lingkungan dan juga untuk mengurangi kelembaban yang berlebih di dalam pot yang bisa mengakibatkan pembusukan pada daun atau tunas yang masih muda.
8. Setelah daun mulai banyak dan cabangnya sudah mulai tua, sungkup boleh dibuka pada malam hari.
9. Tanda stek SERUT sudah tumbuh akar bisa dilihat dari batangnya. Jika cabang yang tumbuh sudah berwarna coklat dan pada cabangnya sudah tumbuh anak cabang bisa dipastikan bahwa pohon itu sudah tumbuh akar banyak.
Begitu ya. Semoga hasil diskusi cara stek pohon serut (streblus asper) di atas bisa membantu para pebonsai pemula dalam meminimalisir kegagalan mendapatkan bahan berkualitas.
Bahan bonsai serut (streblus asper)
Bahan bonsai serut (streblus asper)