Kombinasi Fungsi Index Dan Match Pada Microsoft Excel dan LibreCalc

Sebetulnya saya ingin membuat catatan panjang lebar mengenai fungsi gabungan antara INDEX dan MATCH dalam microsoft excel maupun libreoffice calc. Berhubung belum ada waktu untuk merangkai kata, sementara cerita saja beberapa kelebihan gabungan fungsi tersebut dibandingkan dengan keluarga LOOKUP, yaitu:

  • Gabungan fungsi INDEX dan MATCH lebih fleksibel dalam penempatan formulanya, bisa di kiri atau kanan dari kriteria yang dicari. Kalo fungsi LOOKUP dan antek-anteknya (vlookup, hlookup), formula harus berada di sebelah kanan dari kriteria yang dicari.
  • Tau kan kalo ingin menggunakan jamaah LOOKUP kita harus mengurutkan data referensinya terlebih dahulu. Nah, kalo pake INDEX dan MATCH bisa langsung pasang saja.
  • Pencarian pada geng LOOKUP hanya bisa dilakukan terbatas pada kolom pertama data referensi saja, lain kalo menggunakan INDEX dan MATCH.
  • Entah dosa apa yang ku perbuat, pernah suatu ketika menggunakan fungsi LOOKUP pada libreoffice calc. Awalnya rumus berjalan lancar bersahaja, namun sesaat setelah data referensi ditambah, tiba-tiba saja muncul #NA padahal data yang dimaksud ditemukan ketika dicari secara manual.


Gitu aja dulu lah, buat pengingat kalo pas lupa rumus, lain waktu bisa ditambahkan sakselane. Silakan diotak atik sendiri untuk lebih memahami kombinasi fungsi antara INDEX dan MATCH pada Microsoft Excel dan LibreCalc.
Previous
Next Post »